Pemuda Cipongkor Buat Wahana Edukasi

Inilah kegiatan Wahana Edukasi Ala Pemuda Cipongkor yang mampu mendongkrak ekonomi warga di tengah Pandemi COVID-19. ft istimewa

CIPONGKOR– Pemuda di Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) membuat karya di tengah COVID-19.

Adalah membuat berbagai wahana edukasi yang dapat membuat ekonomi warga bangkit.

Seperti wahana edukasi dan kaulinan lembur untuk anak-anak oleh Komunitas Balads Leuweung.

Di saung yang mereka sebut Sabale di sinilah pusat mengadakan berbagai kegiatan yang mengedukasi diantaranya belajar mengaji, menulis, membaca belajar bercocok tanam juga berbagai “Kaulinan lembur” yang sudah jarang dilakukan saat ini,” kata salah seorang Tokoh Pemuda Cipongkor, Nofyan Herdiana, Minggu (21/3/2021).

Selain itu, kata Nofyan, budidaya Ikan, bertani dan Papalidan (River Tubing) dengan memanfaatkan aliran sungai Cilanang, anak Sungai Citarum para pemuda dan warga sekitar melakukan budidaya Ikan dari mulai pembibitan sampai pembesaran, membuat wahana air river tubing juga bertani menanam padi di area pesawahan sekitar sungai.

Tidak hanya itu, ada juga Wisata Mancing Komunitas KM2 Ejegeler.Dengan adanya genangan PLTA Saguling, Komunitas Mancing Mania Ejegeler membuat wisata mancing, yang berlokasi di Dermaga Rabian, Gagak Numrang dan lokasi lainnya di pinggiran saguling, ini upaya untuk menumbuhkan perekonomian warga sekitar, dan uniknya selain memancing ikan mereka juga memberikan reward pada pemancing yang mendapatkan sampah dari danau PLTA Saguling.

Pasar Kaget untuk menumbuhkan perekonomian. Pasar Kaget yang diadakan setiap Rabu siang sampai sore ini memberikan ruang warga untuk berjualan baik itu berbagai macam kuliner, pakaian, aksesoris, permainan anak yang dikelola baik oleh Karang Taruna setempat. “Kita tidak boleh berdiam diri, pandemi ini merupakan ujian untuk menempa kita supaya lebih kuat dan kreatif, kita harus optimis lulus dalam ujian ini,” tandas Nofyan.

Kegiatan outdoor yang tentunya dengan mematuhi prokes, kegiatan yang menjadi “kamonesan” di Cipongkor ini gabungan dengan beberapa Organisasi Pemuda (PP, Ansor dan AMS) Komunitas (Balads Leuweung dan KM2Ejegeler) dan Karang Taruna, juga beberapa POKDARWIS. **

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *