Pendamping Desa & Jarkom Desa Siap Bentuk Kelompok Masyarakat Peduli TBC

 

foto istimewa
Pendamping Desa KBB, Encep Irwan Herdiansyah saat melakukan monitoring dan evaluasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, Selasa (21/8/2018).

NGAMPRAH- Program tuberkolosis Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama (LKNU) KBB yang menggandeng Dinas Kesehatan KBB mendapat sambutan hangat dari Jaringan Komunikasi Desa dan Pendamping Desa di KBB. Bahkan, Jaringan Komunikasi Desa dan Pendamping Desa di KBB berkomitmen
bersama melakukan kegiatan sosialisasi dengan tujuannya memberikan informasi, meningkatkan pengetahuan, dan dukungan motivasi untuk peduli serta sadar mengenai bahaya dari penyakit TBC bagi individu maupun masyarakat.

“Sosialisasi ini akan secara rutin dan terus menerus dilakukan oleh setiap orang sesuai dengan lokasi atau area wilayah tanggung jawab kerja masing-masing pendamping desa sesuai dengan lokasi tugas desa pendampingnya,” ujar Pendamping Desa KBB, Encep Irwan Herdiansyah ditemui saat melakukan monitoring dan evaluasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, Selasa (21/8/2018). Pihaknya juga akan mendorong desa untuk membentuk kelompok masyarakat peduli TBC.

Kegiatan pencegahan itu, kata Encep tujuannya memberikan kenyamanan, keamanan, dan perlindungan terhadap resiko untuk terinfeksi penyakit TBC bagi individu maupun masyarakat.

“Pencegahan harus dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan oleh setiap orang sesuai dengan lokasi atau area wilayah tanggung jawab kerja masing-masing,” ungkapnya.

Ketua Jaringan Komunikasi Desa KBB, Dimas Triambara mengatakan, kegiatan pengobatan juga bertujuan memberikan dukungan untuk meminimalisir penularan, kecacatan dan kematian akibat penyakit TBC bagi individu maupun masyarakat. Keberhasilan dari pengobatan sangat ditentukan oleh komitmen kepatuhan minum obat dan pemantauan pengobatan dan dukungan keluarga dan orang lain. “Kegiatan pemulihan tujuannya memberikan dukungan untuk pemulihan kondisi kesehatan secara fisik, psikologis dan mental dari proses pengobatan TBC bagi individu maupun masyarakat. Pemulihan dilakukan oleh setiap orang sesuai dengan lokasi atau area wilayah tanggung jawab kerja masing-masing,” tandasnya.

Pendamping Desa merupakan Program Pembangunan Pemerdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dibawah Kementerian Desa (PDTT). (***)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *