Cimahi

Penemuan Granat Nanas Bikin Geger Warga Cibeber

TKP: Sudrajat (56) menunjukkan lokasi penemuan granat nanas di lahan kosong Kawasan Perbukitan Jatinunggal, Komplek Perumahan Sanghyang Pancanaka Hill, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Selasa (2/1/2018).

CIMAHI-Sebuah granat ‘nanas’ ditemukan oleh seorang warga di kawasan perbukitan Jatinunggal, Komplek Perumahan Sanghyang Pancanaka Hill, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Selasa (2/1/2018).

Kondisi granat yang telah berkarat, ditemukan oleh Sudrajat (56), warga sekitar yang juga sebagai pengurus lahan kosong tersebut, diantara semak dan daun-daun dari pohon bambu yang telah mengering.

Diceritakan oleh Sudrajat, awalnya ia sedang membersihkan jalan setapak untuk menuju ke lahan garapannya. Saat tengah menyapu daun-daun dengan alat yang digunakannya, tak sengaja ia memukul sebuah benda mirip batu.

Spontan ia mengambil benda tersebut untuk disingkirkan. Namun saat dilihat lebih teliti, Sudrajat menyadari jika benda mirip batu yang berada di genggamannya merupakan sebuah granat.

“Karena penasaran, akhirnya benda itu saya pegang. Saat itu saya melihat benda tersebut mirip batu, tapi ada karatnya. Saya coba bersihkan, ternyata itu granat,” ujar Sudrajat ditemui di lokasi penemuan granat, Selasa (2/1/2018).

Takut benda tersebut membahayakan dirinya juga warga sekitar, Sudrajat berinisiatif melaporkan penemuan tersebut ke pihak Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Cibeber.

Saat ditanya, Sudrajat mengaku penemuan granat di wilayahtersebut baru kali ini terjadi. Namun menurutnya, granat tersebut bisa saja sisa perang kemerdekaan, mengingat wilayah Cimahi Selatan dulu merupakan tempat pelarian para penjajah.

“Bisa saja bekas perang dulu atau bekas latihan perang tentara. Pasti menimbulkan kekhawatiran juga, takutnya masih ada granat lain yang ditemukan,” katanya.

Pihak kepolisian dari Polres Kota Cimahi kemudian mendatangi lokasi untuk melakukan sterilisasi lokasi penemuan, dengan memasang garis polisi. Anggota dari Polres Cimahi tak berani memindahkan granat tersebut, sambil menunggu kedatangan dari Jibom Polda Jabar.

“Kondisinya granat itu memang aktif, dan sewaktu-waktu bisa meledak kalau proses evakuasi granatnya tidak sesuai prosedur dan asal-asalan,” ujar Wakapolsek Cimahi Selatan, AKP Ading Supriatna.

Pihaknya mengungkapkan agar warga sekitar tidak perlu khawatir, sebab penemuan granat tersebut bisa langsung ditangani pihaknya

“Disini baru pertama kali ditemukan. Tapi kami minta agar warga tidak terlalu khawatir dengan penemuan granat ini,” tegasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top