Penerima Bantuan Sosial di Kabupaten Bandung 1,3 Juta Jiwa

Kepala Bidang Penangan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung, Nia Nindhiwati

SOREANG- Menuju Kabupaten Bandung World Health Cooperative 2019, Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Sosial berupaya meminimalisir BDT (Basis Data Terpadu)  penerima bantuan perlindungan sosial, dengan lebih mengarahkan masyarakat untuk mengikuti program BPJS.

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung,  Nia Nindhiwati, mengatakan jumlah penerima bantuan perlidungan sosial melalui JKN KIS APBN ada 1.223.000 jiwa dan PBI APBD Jamkesda jumlahnya 108.000 jiwa.   “Artinya 1,3 juta jiwa penerima bantuan,” katanya, Jumat (2/2/2018).

Menurutnya, BDT jumlahnya adalah 40% dari jumlah penduduk Kabupaten Bandung, dengan rincian kkuster pertama adalah penerima program bantuan PKH sebanyak 98.000 PKM,  disusul penerima rastra sejumlah 168.246 PKM dan penerima JKN KIS APBN jumlahnya 1.223.000 jiwa serta penerima PBI APBD dengan jumlah 108.000 jiwa, dengan alokasi anggaran mencapai Rp 38 miliar pertahun.

” Untuk lebih validnya data tersebut, pada bulan Februari sekarang ini, akan melaksanakan verifikasi data ulang dan rechecking langsung ke lapangan  untuk mendapatkan data akurat masyarakat penerima bantuan perlindungan sosial ini,” katanya.

Nia berharap, salah satu upayanya melalui tindakan promotif prefentif agar masyarakat didorong ke arah lebih baik kesehatannya melalui program kesehatan dari Dinas Kesehatan. (fen)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *