Pengemudi Online Wajib Memiliki SIM A Umum

CIMAHI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi akan menindak para pengemudi online yang tidak mematuhi Peraturan Kementrian Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017.

Peraturan tersebut tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

Untuk point yang harus diikuti, khususnya oleh para pengemudi angkutan online di antaranya, memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) A Umum. Selain itu, para pelaku angkutan online juga harus memiliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

“Apabila para pengemudi tidak mematuhi aturan yang sudah dibuat, jelas masuknya pelanggaran. Jadi tetap ada tindakan sesuai ketentuan,” kata Suharto, Senin (29/1/2018).

Suharto menjelaskan, soal perubahan regulasi peruntukan SIM pengemudi angkutan online, pihaknya tidak melakukan persiapan khusus sebab, pihaknya tidak menyiapkan pelayanan secara khusus bagi pemohon SIM.

Dengan demikian, dalam urusan pelayanan SIM Satlantas Polres Cimahi, tidak membedakan pemohon sim dari kalangan manapun.

“Dari aspek pelayanan, baik dari yang membuat SIM, bagi seluruh masyarakat kita layani, tidak pilah-pilah,” kata Suharto.

Perihal regulasi perubahan SIM, lanjut Suharto, bagi yang sudah memiliki SIM A, bisa langsung mengikuti tes golongan dengan kembali mengikuti berbagai tes lainnya.

“Prosesnya tidak lama, karena ini hanya golongan aja. Namun tetap harus lolos tes juga,” tuturnya.

Menangapi Permenhub Nomor 108 Tahun 2017. Menurut Ketua Unit Kerja Khusus Kobanter Baru Jawa Barat, Akbar Ginanjar, disahkannya aturan tersebut tujuannya untuk kesetaraan dan melindungi pengusaha transportasi baik angkutan berbasis online maupun, angkutan konvensional.

“Tentunya harus sama-sama kita sadari bahwa aturan ini untuk kesetaraan,” katanya.

Ia melanjutkan, Kobanter Baru Jawa Barat sendiri saat ini sedang fokus terhadap administrasi perizinan beroperasi. Sebab, tertib administrasi merupakan salah satu upaya keseriusan menjalankan amanat Permenhub tersebut.

“Kami sedang jalankan, dengan berkoordinasi ke pihak Dinas Perhubungan Jawa Barat dan Kota Cimahi maupun kepolisian,” pungkasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *