Bisnis

Petugas Dispernakan Sisir Lapak Penjualan Hewan Kurban

Petugas memeriksa kesehatan hewan kurban. Ft ist

RAGAM DAERAH– Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispernakan) KBB mulai melakukan penyisiran lapak-lapak yang menjual hewan kurban. Penyisiran dari tanggal 3-16 Juni 2024 untuk memeriksa hewan kurban terbebas dari penyakit agar layak dikonsumsi.

hewan-hewan yang sudah diperiksa kesehatannya, diberi lebel sehat oleh petugas. Sejauh ini, petugas memastikan belum ada hewan kurban baik sapi dan domba terindikasi terserang penyakit

Plt Kepala Dispernakan KBB, drh. Wiwin Apriyanti mengatakan, hingga kini tim pemeriksa kesehatan hewan masih melakukan pemeriksaan terhadap lapak penjualan hewan kurban yang ada di 16 kecamatan KBB.

“Pemeriksaan hewan ini dilakukan untuk memastikan kondisi hewan kurban yang dijual di lapak-lapak dalam keadaan sehat dan layak di konsumsi oleh masyarakat,” kata Wiwin kepada wartawan, Selasa (11/6/2024).

Ia menjelaskan, sejauh ini tim pemeriksa kesehatan hewan telah memeriksa sebanyak 5.367 ekor hewan kurban yang terdiri dari, 3.610 ekor Sapi, 6 ekor Kerbau, 1.718 ekor Domba dan 33 ekor Kambing.

Hewan berkategori muda berjumlah 406 ekor yang terdiri dari, 122 ekor Sapi dan 284 ekor Domba. Sementara Hewan yang Sakit berjumlah, 28 ekor terdiri dari, 23 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing.

“Pemeriksaan dan pelebelan ‘SEHAT’ terhadap hewan kurban di KBB dilakukan dari tanggal 3 hingga 16 Juni 2024,” jelasnya.

Ia pun menuturkan, sejauh ini hewan kurban yang dijual di lapak-lapak penjualan masih dalam kondisi sehat. Walau terdapat sejumlah hewan yang sakit, namun tidak signifikan.

“Alhamdulillah sampai saat ini hewan di KBB dalam keadaan sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban,” tutur Wiwin.

Wiwin menghimbau, kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban dalam keadaan sehat dan tidak cacat, diutamakan jantan serta telah cukup umur.

“Dan terdapat label sehat, yang .diberikan oleh petugas Dispernakan Kabupaten Bandung Barat,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top