NGAMPRAH—Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bersilaturahmi dengan  jurnalis di Kantor DPC PKB KBB di Ngamprah, Jumat (15/5/2020).

Kegiatan silaturahmi ini sekaligus pemberian bantuan sembako dan yang lainnya kepada para jurnalis. Serah terima bantuan langsung diserahkan oleh Ketua DPC PKB KBB Asep Dedi dan diterima langsung oleh Ketua PWI KBB Heni Suhaemi juga perwakilan jurnalis, Adi Haryanto.

“Kami berharap semua partai dan juga pemerintah bisa mengikuti langkah kami untuk memperhatikan para jurnalis di KBB, karena sahabat-sahabat jurnalis merupakan bagian yang juga terdampak oleh Pandemik Covid-19,” ujar Ketua DPC PKB KBB, Asep Dedi.

Dedi mengatakan, ribuan paket bantuan tersebut berasal dari DPC PKB KBB, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan anggota DPR RI Fraksi PKB Cucun Syamsurijal. Paket bantuan terdiri dari sejumlah kebutuhan pokok dan juga sarung atau perlengkapan ibadah lainnya.

“Dari Cak Imin ada sekitar 2 ribu paket bantuan. Belum lagi dari Pak Cucun. Kami diminta fokus mengalirkan bantuan ini kepada guru ngaji, imam masjid, marbot, khatib dan para ajengan kampung,” tutur Dedi.

Dedi mengungkapkan alasan mengapa para guru ngaji dan para kiai kampung menjadi prioritas penyaluran bantuan partai berlambang bintang sembilan itu.

Menurut Asep Dedi, selama ini para guru ngaji, imam masjid, marbot dan ajengan kampung sering luput mendapat bantuan dari pemerintah dan pihak lainnya.

“Padahal mereka (para guru ngaji dan ajengan) juga sangat terdampak Covid-19. Biasanya mereka ngajar ngaji, sekarang ngaji juga di rumah, tidak ada kegiatan,” ujarnya.

Selain kepada guru ngaji dan para ajengan kampung, PKB KBB juga akan menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 yang sama sekali belum tersentuh bantuan pemerintah maupun pihak lainnya. Menurut Asep Dedi, hingga saat ini mayoritas masyarakat KBB belum tersentuh bantuan pemerintah.

“Kita sudah road show ke lapangan di 16 kecamatan. Kita punya program sisir kampung untuk melihat langsung kondisi masyarakat. Ternyata bantuan pemerintah hanya sekian persen yang sudah diterima masyarakat. Kebanyakan belum menerima bantuan. Bahkan banyak juga yang belum terdata,” kata dia.

Di samping menyalurkan paket bantuan peralatan ibadah, menurut Dedi, PKB KBB terus konsisten membantu masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan nyata seperti penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan bantuan sembako kepada masyarakat di 16 kecamatan.

“Alhamdulillah sejak bulan Maret kami tidak berhenti bergerak. Kami berusaha menjaga konsistensi gerakan kami di masyarakat. Insya Allah selama ini tidak terlewat satu hari pun kami selalu bergerak. Bahkan kami punya layanan delivery service bagi masyarakat yang meminta bantuan sembako atau masker melalui media sosial kami,” bebernya.

“Walau nilainya tidak seberapa, kami berharap bantuan yang dibagikan PKB KBB bisa bermanfaat untuk masyarakat yang saat ini tengah kesulitan di tengah pandemi Covid-19. Insya Allah kami konsisten melaksanakan aksi kemanusiaan secara nyata karena itu yang saat ini dibutuhkan masyarakat,” tambah Dedi.

Lebih lanjut Dedi menyatakan, PKB KBB juga berkomitmen mengawal dan mengawasi berbagai program pemerintah termasuk program pemerintah daerah dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 terutama dalam penyaluran atau distribusi bantuan bagi masyarakat.

“Kami melalui Fraksi PKB terus mendorong dan mengawal bantuan dari pemerintah agar segera terdistribusi kepada masyarakat. Saya berharap Fraksi PKB mengawal sungguh-sungguh terkait penanganan Covid-19 ini agar jangan sampai ada penyelewengan,” tegas Asep Dedi dengan suara lantang.

Semoga aksi kepedulian nyata yang dilakukan PKB KBB ini juga dapat melecut kepedulian dan ditiru partai politik lainnya di KBB maupun daerah lain untuk dapat bersama-sama bergerak membantu masyarakat yang sedang kesulitan dan bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19. Tidak hanya turun ke masyarakat ketika jelang pemilu. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya. *** 

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *