PKS “Bogoh” DS-Sahrul ?

SOREANG– Partai Keadilan Sejahtera (PKS) harus memutar strategi di Pilkada Kab. Bandung. Bagaimana tidak, gagal mengusung jagoannya Gun Gun Gunawan yang saat ini menjadi Wakil Bupati Bandung, PKS dikabarkan siap menjadi pengusung pasangan calon Bupati/Wakil Bupati, Dadang Supriatna (DS)-Sahrul Gunawan di Pilkada Kab. Bandung.

Bahkan nama Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan disebut-sebut sudah diusulkan ke DPP PKS dan sudah menyerahkan persyaratan pencalonan ke PKS sebagai syarat untuk keluarnya format KPU B1 KWK dari DPP PKS.

Foto pasangan DS-Sahrul Gunawan yang berada di kantor PKS dan memegang map berlogo PKS pun menjadi bukti bahwa pasangan ini sudah hampir pasti direstui dan didukung PKS di Pilkada Kabupaten Bandung.

PKS dikabarkan lebih memilih mendukung pasangan DS-Sahrul Gunawan dibanding dua pasangan lainnya yakni Kurnia-Usman dan Yena-Atep. Keseriusan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan yang ingin merangkul PKS menjadi pertimbangan utama bagi PKS. Hal tersebut diakui Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung, Jajang Rohana.

Menurut Jajang, pasangan DS-Sahrul Gunawan lah yang paling serius ingin menggandeng PKS masuk ke barisan koalisi yang telah dibangun PKB-Nasdem-Demokrat bersama 7 partai non parlemen. Dadang Supriatna bahkan sudah beberapa kali berkunjung ke PKS baik di DPD PKS maupun DPW PKS Jawa Barat.

“Hanya beliau (Dadang Supriatna) dan Sahrul Gunawan yang dateng ke PKS. Sudah ketemu dan kami semua terima. Saya melihat ini serius nih butuh dengan PKS. Hanya yang serius yang kami pertimbangkan, masa yang enggak serius yang kami pertimbangkan,” tutur Jajang Rohana saat dihubungi wartawan melalui ponselnya, Senin (31/8/2020).

Jajang memberikan sinyal bahwa tinggal selangkah lagi PKS akan resmi mendukung pasangan DS-Sahrul Gunawan. Bentuk keseriusan pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan tersebut, kata dia, akan menjadi bahan rujukan yang akan disampaikan ke DPP PKS.

Disamping itu, secara diplomatis Jajang menyebut pasangan DS-Sahrul Gunawan memiliki semua syarat pasangan calon yang memenuhi kriteria PKS yakni memiliki intergritas, kapasitas, elektabilitas dan popularitas.

“Kami juga sudah melakukan survei untuk menentukan pasangan mana yang akan kita dukung. Tentu kalau mendukung, tentu yang harus pimeunangeun (peluang menang besar). Tapi hanya yang serius yang kami pertimbangan, dan saya melihat hanya Kang DS dan Sahrul Gunawan yang serius,” ungkap Jajang Rohana.

Disinggung apakah PKS yang memiliki 10 kursi di DPRD Kabupaten Bandung sudah resmi menjatuhkan pilihan ke pasangan DS-Sahrul Gunawan, Jajang memberikan jawaban diplomatis. Secara tersirat, ia menyebut pasangan yang akan didukung PKS, tinggal menunggu turunnya format KPU B1 KWK dari DPP PKS.

“DS sudah nenyerahkan curiculum vitae ke PKS sebagai bahan untuk B1 KWK. Artinya beliau sudah serius untuk mendapatkan dukungan dari PKS. Diantara ketiga calon Kang DS ini yang paling serius. Yang dipilih ya yang paling serius. Masih ada seminggu lagi sebelum daftar ke KPU,” kata Jajang.

Isu dinasti politik di Kabupaten Bandung yang saat ini menjadi sorotan dan bahan perbicangan masyarakat pun, kata dia, akan menjadi pertimbangan PKS dan akan disampaikan ke DPW dan DPP PKS.

“Bagi PKS isu dinasti dan semua isu yang berkembang di masyarakat akan jadi pertimbangan. Kita akan kalkulasi semuanya,” ujarnya.

Ia berharap bisa membangun koalisi yang kuat dan memegang teguh komitmen yang dibuat di antara partai peserta koalisi. Pasalnya, ia tidak ingin tidak difungsikannya posisi Gun Gun Gunawan sebagai Wakil Bupati Bandung kembali terulang di pemerintahan mendatang.

Terpisah, calon Bupati Bandung Dadang Supriatna mengakui dirinya bersama Sahrul Gunawan telah menggelar pertemuan dengan PKS. Ia optimistis PKS akan menyusul PKB-Nasdem-Demokrat untuk mendukung pasangan DS-Sahrul Gunawan.

“Saya sudah menyerahkan daftar riwayat hidup dan surat pernyataan untuk proses pembuatan B1 KWK dari DPP PKS. Insya Allah PKS bergabung dalam koalisi,” ujar Dadang Supriatna.

Ia mengaku sangat bersyukur langkahnya menjalin koalisi dengan berbagai partai termasuk PKS selalu dimudahkan Allah SWT. Terlebih, kata dia, PKS bersama pihaknya sudah menjalin kesepahaman dalam upaya membangun kebersamaan demi kemasalahatan umat serta dalam melakukan perubahan lebih baik di Kabupaten Bandung.

“Saya sangat bersyukur dan ini betul-betul skenario Allah SWT,” ujar Kang DS. (*)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *