Praktik Percaloan di PA Cimahi Dikeluhkan

 

 

 

CIMAHI – Praktik percaloan dalam mengurus berkas perceraian di Pengadilan Agama (PA) Cimahi Kelas 1 A, diduga masih marak. Namun, hal itu sepertinya sudah biasa bahkan telah menjadi rahasia umum.

Bagaimana tidak, saat salah seorang warga menanyakan proses menggunakan jasa pengacara, seorang sekuriti PA Cimahi pun hafal dan bisa sedikit menjelaskan cara cepat untuk mengurus berkas perceraian.

Belum lama ini, salah seorang warga menanyakan terhadap pihak PA Cimahi terkait gugatan cerai, yang akan dilayangkan oleh pihak laki-laki terhadap istrinya. Namun, akibat terbentur jarak sehingga pihak penggugat tidak bisa hadir dalam persidangan lantaran, berada di luar pulau.

“Kakak saya ada diluar pulau, saya disuruh menanyakan bagaimana mekanisme yang harus ditempuh apabila tidak bisa hadir dalam persidangan,” kata Agus bukan nama sebenarnya.

Dia menyebutkan, ketika dirinya datang ke kantor PA Cimahi Kelas 1 A di Jalan Raya Kopo Soreang Kabupaten Bandung, ia diberikan penjelasan oleh salah seorang pegawai pengadilan.

Akhirnya, Ia pun mendapat penjelasan bahwa, jika laki-laki ingin mengggugat cerai maka, harus dilakukan di wilayah tempat tinggal istri. Saat ini, istri dari yang bersangkutan merupakan warga Cililin Kabupaten Bandung Barat. Artinya, yang bersangkutan mau tidak mau harus datang.

Akan tetapi, mengingat yang bersangkutan berada di luar pulau dan kemungkinan untuk bisa hadir sangat kecil, maka ia pun menanyakan solusi terbaik. Ia pun menanyakan bagaimana jika menggunakan jasa pengacara.

Dalam hal ini, pihak pengadilan sendiri tidak menganjurkan menggunakan jasa pengacara atau kuasa hukum, sebab itu diluar ranah pengadilan.

“Dalam hal ini, yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa kalau menggunakan jasa kuasa hukum, kakak saya bisa tidak perlu datang, tapi jika tidak lewat pengacara harus datang ?,” ujarnya heran.

Lantas ia pun menanyakan berapa biaya jika melalui jalur sesuai prosedur. Pihak pengadilan, kata dia, menyebutkan biaya administrasinya di bawah Rp1 juta. atau biasanya dikisaran Rp700 ribu.

Tak hanya itu, ia pun sengaja menghampiri pengacara yang berada di area PA Cimahi melalui perantara atau calo. Setelah beberapa saat berbincang dengan salah seorang kuasa hukum tersebut, ia mendapatkan bocoran harga jasa pengurusan surat-surat perceraian.

“Untuk perkasus mereka mematok harga antara Rp4 juta sampai Rp5 juta. Dengan jaminan tidak memakan waktu lama. Kalau lewat jalur normal bisa memakan waktu sekitar 5 bulan lebih. Tapi, kalau dibantu pengacara paling lama itu sebulan,” tuturnya.

Dirinya sangat menyayangkan masih adanya praktik percaloan di lingkungan Pengadilan Agama. Ia berharap ada pengawasan ketat dari pihak pengadilan, terkait maraknya praktik percaloan.

“Calo itu bukannya membantu tapi malah menambah beban biaya. Dan jika dibiarkan, maka keberadaan para calo ini akan semakin menjamur,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Humas Pengadilan Agama (PA) Cimahi Agus Gunawan mengatakan, potensi praktik percaloan di lingkungan pengadilan agama sejauh ini bisa terjadi tidak hanya di wilayah hukum PA Cimahi saja, tapi di daerah lain pun memiliki potensi yang sama.

“Upaya untuk menekan dan antisipasi keberadaan calo, kami sudah memasang sejumlah imbauan dengan bentuk tulisan yang dipampang di lingkungan kantor. Agar masyarakat paham,” kata Agus.

Keberadaan calo ini, kata dia, merupakan suatu penyakit yang sangat mengganggu terhadap kinerja serta bisa membuat nama baik instansi tercoreng.

“Para calo ini sangat mengganggu dalam proses penegakkan hukum. Hal tersebut ditujukan bukan hanya kepada person, tetapi juga kepada teman-teman advokat. Pengadilan tetap pada azas sederhana, cepat, dan biaya ringan,” pungkasnya.

Dia pun menegaskan, jika kedapatan ada indikasi aparat peradilan PA Cimahi yang melakukan pungli dalam proses penanganan perkara, maka ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Sepanjang ada laporan yang disertai bukti dan dapat dipertanggungjawabkan, maka akan ditindaklanjuti secara hukum,” pungkasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *