PUPR Pastikan Pembangunan Ruang Publik Rampung Tepat Waktu

NGAMPRAH- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat (KBB), menjamin pembangunan plasa tahap 1 di Komplek Perkantoran KBB yang diperuntukan sebagai ruang publik, bisa rampung pada 28 Desember 2017. Hal itu sesuai kontrak dengan PT. Mongodon Pilar Nusantara sebagai pelaksana proyeknya.

“Pengerjaan plasa tahap satu itu kan baru pembukaan, penataan lahan dan kemudian pengerasan saja. Saya kira bisa beres sesuai kontrak karena yang dibangun untuk plasa 3 dulu,” ujar Kepala Bidang Tata Bangunan, Penataan Pemukiman dan Jasa Kontruksi Dinas PUPR KBB Yoga Rukmana Gandara didampingi Kepala Seksi Tata Bangunan Ayi Kurnia, Kamis (23/11/17) di Ngamprah.

Menurutnya, pembangunan plasa tersebut dibagi tiga tahap. Masing-masing tahap satu yang dikerjakan pada tahun ini untuk bagian paling atas yakni plasa 3. Kemudian tahap dua, pembangunan plasa dua direncanakan tahun 2018 dan plasa satu, pada tahun 2019.

“Kita awali pembangunannya dari bagian atas dulu, sesuai dengan countur tanahnya. Supaya rapih saja pengerjaannya,” tuturnya.

Tidak sekaligusnya pembangunan plasa tersebut, kata Yoga disesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Secara bertahap pula penganggarannya dialokasikan mulai tahun 2017 hingga 2019.

Anggaran plasa 3, tersedia sebesar Rp3 miliar. Sedangkan anggaran plasa 2 dan 3 telah diajukan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni KBB. “Total anggaran pembangunan ketiga area plasa itu sekitar Rp10 miliar,” terangnya.

Sementara kegunaan plasa tersebut ditujukan buat ruang publik, yang ke depannya bisa dilengkapi dengan fasilitas lainnya. Atau dengan kata lain, plasa itu bisa dipergunakan secara terbuka untuk umum. Sedangkan plasa yang telah ada, di Depan Mesjid Agung tetap untuk kegiatan kedinasan. “Kalau dilihat dari luasnya, plasa yang sekarang dibangun jauh lebih luas. Kurang lebih luas keseluruhannya 4 hektar. Makanya anggaran yang dibutuhkan juga lumayan besar,” pungkasnya. (wie)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *