Pemerintahan

Rekom BPK, Hengky Sebut Program Beasiswa 50 Mahasiswa UIN Dihentikan

NGAMPRAH– Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan membantah, dirinya tidak merespos aspirasi dari Mahasiswa KEMBARA UIN SGD Bandung terkait program beasiswa 50 mahasiswa UIN SGD Bandung.

“Tidak benar kalau kita tidak merespon. Malah saya pernah menerima mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut di Kota Baru ya kalau KEMBARA tidak tahu. Cuman beberapa teman-teman mahasiswa dari UIN,” kata Hengky kepada redaksi Ragam Daerah, Kamis (17/2/2022).

Pertemuan itu, kata Hengky, mahasiswa sudah memahami jika program beasiswa tersebut tidak bisa diteruskan berdasarkan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. “Kalau diterus emang mau di penjara. Ka dasar memberikan beasiswa sendiri harus jelas apakah berprestasi,” kata Hengky.

Kasus yang menimpa 50 mahasiswa UIN tidak jelas dasarnya, sebut Hengky. “Maen kasih aja 50 beasiswa kampusnya satu kampus ini tidak boleh,” sebutnya.

Hengky menyebut, ada salah seorang oknum yang mengusulkan 50 beasiswa yang hanya diperuntukan satu kampus saja. “BPK bertanya kenapa harus satu kampus. Beasiswa kan harusnya tersebar dari mana saja. Seakan ini ada unsur bisnis sepertinya dipaksakan dasarnya apa enggak ada,” kata Hengky.

Hengky pun mengaku pernah mengecek ke dinas yang menangani bantuan beasiswa, namun anggaran untuk itu tidak dititipkan di dinas pendidikan. “Semuanya harus prosedural dan itu sudah saya jelaskan kepada teman-teman mahasiswa. Pemda juga sudah berkali-kali memberikan beasiswa bagi kami itu bukan sesuatu yang berat. Tapi kalau mekanismenya salah masa kita harus tabrak kan BPK saja sudah merekomendasikan ini tidak bisa diteruskan,” jelas Hengky.

Beasiswa itu, kata Hengky dikabarkan untuk mahasiswa Hafidz Alqur’an awalnya. Namum saat pelaksanaannya tidak ada yang ikut seleksi tersebut. “Karena tidak ada kemudian main comot aja dapat beasiswa dan itu satu kampus,” tandasnya.

Sebelumnya, mahasiswa KEMBARA UIN SGD Bandung beraudensi dengan Ketua DPRD KBB, Rismanto prihal program 50 bantuan beasiswa bagi 50 mahasiswa UIN yang tak jelas dari Pemda Bandung Barat. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top