Lembang

SDN Pancasila Lembang Jadi Sekolah Rujukan Nasional

Kepala Bidang SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Jalaludin bersama utusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud saat memeriksa perpustakaan SDN Pancasila Lembang, Jumat (29/7/2017).

LEMBANG- Prestasi cukup membanggakan berhasil diraih SDN Pancasila Lembang, Kabupaten Bandung Barat. SD Negeri yang beralamat di Jalan Teropong Bintang No 52 Lembang ini menjadi sekolah rujukan nasional.
Dari 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat, SDN Pancasila satu-satunya yang dapat penilian SD berkarakter dari Direktorat Jendaral (Dirjen) Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Penilain ini lah, SDN Pancasila menjadi senter rujukan setingkat nasional,” ujar Kepala Bidang (Kabid) SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, Jalaludin, di Lembang, Jumat (29/9/2017).

Kang Jalal–sapaan akrbanya mengatakan, pemerintah pusat siap memberikan bantuan kepada SDN Pancasila dengan syarat adalah pemerdayaan secara representatif.

“Tentunya kami bangga, bisa menjadi contoh sekolah lain yang ada di Bandung Barat,” katanya. Di Bandung Barat sendiri ada sekitar 313 SD Negeri.

Yang menjadi percontohan SDN Pancasila adalah bagiamana soal pembelajaran, hubungan dengan masyarakat, juga proses belajar mengajar. “Kalau ini berhasil, nanti ada program dari Pemerintah Bandung Barat untuk kemajuan pendidikan,” sebutnya.

Tentunya, sebut Jalal, ada klasifikasi yang dimaksud dengan SD rujukan, yakni kenyaman sekolah, hubungan orangtua murid dan tenga pengajar juga hasil pendidikan anak.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Pancasila, Yeti Herawati mengatakan, ada delapan standar yang menjadi SDN Pancasila ini menjadi SD rujukan. Delapan standar itu di antaranya, standar pendidikan, standar isi kurikulum, kompetensi lulusan standar, proses sarana prasarana standar pendidikan, tenaga kependidikan, dan standar penilian pembiayaan. “SDN Pancasila ini menjadi sekolah rujukan dari tahun 2015 sedangkan pendidikan berkarakter pada tahun 2016,” katanya. (wie)

1 Comment

1 Comment

  1. pipih sopiah

    30 September 2017 - 05:20 at 05:20

    Semoga julukan yg diberikan terhadap SDN Pancasila sebagai SD rujukan Nasional dapat menjadi lebih maju disegala bidang baik akademik maupun non akademiknya dg adanya dukungan yg maksimal dari pimpinan dan para pelaksana pendidikan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top