Sekda Bandung Barat, Maman S Sunjaya saat diacara entrepreneur Series yang di gagas KNPI KBB, Sabtu (9/9/2017).

PADALARANG- Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) Maman S Sunjaya mengaku mantan pedagang asongan. Saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Maman suka keluar masuk bioskop untuk menjajakan dagangannya.

“Saya suka sekali nonton. Supaya.gratis masuk bioskop ya saya jualan,” ucap Maman, saat menjadi pemateri dalam Seminar Entrepreneur Series tentang Membangun Generasi Cerdas Berkualitas, Berwawasan Kebangsaan dengan Karakter Milyader Muda yang diselenggarakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) KBB, Sabtu (9/9/17) di Pusdikav Padalarang.

Menjadi pedagang asongan dilakukan Maman sejak duduk di bangku SD kelas 4 hingga kelas 6. Kemudian sempat terhenti di bangku SMP dan kemudian berlanjut kembali setelah di SMA.

“Saya jual topi dan bet OSIS se Bandung waktu itu. Topinya saya ambil dari Cigonewah dan betnya dikerjakan teman saya. Alhamdulillah saya bisa mendapatkan uang sendiri,” tuturnya.

Intinya kata Maman, bahwa cerita yang ia sampaikan tersebut bisa dijadikan bahan masukan bagi generasi muda untuk memiliki jiwa entrepreneur atau jiwa usaha.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendatangkan uang dengan berusaha. Kunci kesuksesan itu menurut Sekda hanya dua, yakni jujur dan kerja keras. “Hanya dua kunci itu yang bisa menjadikan kita sukses. Insya Allah itu pula yang saya terapkan hingga saya jadi Sekda,” bebernya. (nie)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *