Selama Puasa, Warung Makan di Cimahi Bebas Buka Disiang Hari

CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi tidak akan, melakukan razia atau penertiban terhadap warung makan yang buka siang hari di bulan ramadan. Namun, hanya sebatas melakukan pengawasan.

Menurut PLT kasatpol PP Kota Cimahi Dadan Darmawan, tidak dilakukannya razia tersebut karena, pihaknya melihat bahwa masyarakat di Cimahi tidak seluruhnya umat muslim.

“Ada juga yang non muslim tinggal di kota ini. Akan tetapi pada intinya, diharapkan saling menghargai,” kata Dadan saat di temui di ruang kerjanya, Jalan Demang Hardjakusumah, Jumat (18/5/2018).

Meski diperbolehkannya warung makan buka siang hari namun, ia menegaskan, pemilik warung harus berlaku sopan. Artinya, tidak buka seperti biasanya apalagi dengan setengah pintu tertutup. Jadi, jangan sampai membuat masyarakat melakukam swiping ilegal yang bisa berujung ricuh.

“Kalau dilapangan masih kedapatan ada warung yang terbuka, kita beri sangsi tegas,” ujarnya.

Kendati penegak perda (Satpol PP) ini memberikan kelonggaran terhadap warung yang buka siang hari di bulan puasa namun, untuk pengawasan penyakit masyarakat (Pekat), tetap menjadi prioritas penertiban.

Dadan menjelaskan, pengamanan yang diakukan pihaknya itu guna menekan aksi kriminalitas serta, menciptakan kondusifitas dam tetntunya sebagai upaya memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat beribadah. Dengan begitu, sebagai penegak Perda maka, akan tegas dalam menjalankan peraturan daera (Perda) keamanan, ketertiban dan keindahan (K3).

“Sasarannya tentu yang bisa menimbulkan gangguan saat umat muslim menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Kendati demikian, kata dia, ketatnya pengawasan belum tentu bisa menciptakan kondusifitas di lingkungan masyarakat. Upaya lain yang dilakukan adalah menindak tegas siapapun yang melanggar Perda K3.

“Kami tidak akan segan melakukan tindakan tegas apabila, ada seseorang yang malah membuat tidak nyaman lingkungan sekitar,” pungkasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *