Soal USBN SMP di Kota Cimahi Mulai Didistribusikan

CIMAHI- Jelang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Dinas Pendidikan Kota Cimahi mulai aktif mendistribusikan soal USBN ke sekolah SMP di seluruh Kota Cimahi.

“Makanya besok siang soal akan di distribusikan dan sudah di amplop,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Nana Suyatna di Kantor Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Jum’at (6/4/2018).

Menurutnya, pelaksanaan USBN tingkat SMP akan diikuti sebanyak 7.486 siswa kelas 3, dari 38 SMP se-Kota Cimahi dan akan digelar selama seminggu terhitung mulai Senin (9/4/2018) hingga Senin depan.

Lanjutnya, soal itu disusun oleh guru setiap mata pelajaran melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kemudian dicetak oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Cimahi.

Adapun mata pelajaran yang diujikan berjumlah 12. Meski begitu USBN masih berbasis tulis berbeda dengan UNBK yang sudah berbasis komputer.

“USBN berbasis kertas ini sekarang semua mata pelajaran totalnya jadi 12 mapel,” ucapnya

Percetakan dan pengawasan agar menghindari potensi kebocoran itu dilakukan oleh guru masing-masing termasuk pemeriksaan hasil nilai USBN dan tidak akan melibatkan kepolisian.

“Kalau dibilang kenapa tidak melibatkan polisi, itu terlalu repot, karena apa, soalnya aja yang buat gurunya sendiri. Beda dengan usbn SD, nah ini kadang dimasyarakat usbn SD dengan SMP udah jauh berbeda kalau SD itu memang nanti nilainya akan digunakan untuk masuk ke smp makanya orang mulai berambai kalau bocor biar nilainya besar,” tuturnya.

Kata dia, potensi kebocoran sulit terjadi pasalnya hasil USBN SMP nilainya akan diakumulasi dengan nilai akhir kelulusan selama tiga tahun sekolah.

“bukan hanya USBN saja tetapi dari selama tiga tahun sekolah disana itu di akumulasikan semua. Beda dengan dulu gara-gara nilai jelek jadi gak bisa lulus,”

Meski begitu tambahnya, pihaknya pun masih tetap mengantisipasi dengan guru dan semua pengawas. “tolong hal seperti itu jangan terjadi. Pokoknya anak-anak harus jujur dengan nilai seadanya, karena nilai kan nanti juga diolah lagi,” tandasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *