BhayangkaraRagam TerkiniSoreang

SPK Pintu Gerbang Pelayanan Polri

SOREANG- Polsek Ciwidey pada Polresta Bandung memberikan pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK). Pelayanan SPK terkait aduan masyarakat seperti kejadian pidana maupun pengurusan surat kehilangan dilaksanakan KA SPK, Aiptu Edi Sopiana saat melayani salah satu pemohon Surat kehilangan, Jum’at (31/01/2020).

”Untuk pengurusan surat kehilangan tidak dipungut biaya, gratis,” katanya sembari menyerahkan dokumen surat kehilangan dari kepolisian yang dikeluarkan kepada masyarakat yang membuat laporan kehilangan.

Edi mengatakan, SPK adalah pintu gerbang pelayanan Polri terhadap masyarakat. “Ketika masyarakat membutuhkan bantuan Kepolisian di sinilah tempatnya,” katanya.

SPK adalah satuan di kepolisian yang berdiri sebagai pintu gerbang antara polri dan masyarakat, serta memiliki tugas dan tanggung jawab utama yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat mulai dari laporan kehilangan barang hingga kejadian yang dikelaskan sebagai kasus atensi tinggi.
 
”SPK adalah pusat jaringan dari sistem fungsi kepolisian, ketika SPK telah menerima laporan dari masyarakat maka SPK akan menentukan kemana laporan tersebut akan diteruskan untuk proses selanjutnya,” sebut Edi.

Masalah tindak pidana diteruskan ke Satuan Reserse Kriminal, menyangkut lalu lintas diteruskan ke satuan lalu lintas hingga pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) unit intelkam.

Tugas SPK juga termasuk mengontrol tahanan dan pengecekan ruangan tahanan yang sangat menjadi atensi pimpinan apalagi di waktu malam hari bergantian dicek oleh anggota jaga setiap satu jam sekali. “Oleh karena itu petugas SPK dituntut selalu prima karena tidak ada tahu kapan masyarakat akan melaporkan tentang permasalahan yang menimpanya, dan SPK pun harus cepat tanggap terhadap laporan yang diberikan masyarakat.” ujarnya

Sementara itu, Kapolresta Bandung Kombespol Hendra Kurniawan melalui Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq menyampaikan pelayanan SPK Polsek Ciwidey merupakan bentuk pelayanan Polri terhadap warga masyarakat Ciwidey dan Rancabali khususnya. “Maka diperintahkan kepada petugas yang berada di depan penjagaan harus betul betul melayani warga masyarakat dengan sebaik baiknya dengan memberikan senyum, salam, sapa kepada masyarakat serta agar menjaga kebersihan di ruangan sehingga masyarakat yang datang merasa nyaman,” tandas Ivan. (cecep darojak)

Editor M Bowie

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close