Survei LSI Denny JA, Kurnia-Usman Elektabilitas Naik 1%

SOREANG– Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan, pasangan Cabup/Cawabup Bandung, Kurnia Agustina yang secara personal memiliki elektabilitas 27,5, tapi begitu dipasangkan dengan Usman Sayogi, hanya naik 1 persen saja, yaitu 28,9 persen.

Sementara, pasangan yang lain, Yena-Atep, pengenalannya tak berbanding lurus dengan kesukaan. Misalnya, Atep cukup populer dengan 73 pesen, tapi sebagai wakil tak banyak menyumpang elektabilitas saat dipasangkan dengan Yena yang tingkat pengenalannya baru 49 persen.

“Mengenai peran partai dalam menyumbang elektabilitas pasangan, temuan survei mengungkapkan, tak berbading lurus juga antara dukungan partai dengan kemenangan. Ini juga yang terjadi dengan pasangan Kurnia-Usman yang diusung Partai Golkar sebagai pemenang Pileg 2019 lalu,” kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Network Denny JA, Toto Izul Fatah saat konferensi pers di Kota Bandung, Minggu (15/11/20).

Dalam kontek prilaku pemilih di Kabupaten Bandung, mayoritas (80,0 persen) publik memilih lebih karena pertimbangkan personal atau sosok calonnya. “Hanya 16 persen saja yang memilih karena pertimbangan partai pengusung,” ujar Toto.

Begitu juga terjadi pada peran bupati incumbent yang istrinya maju sebagai bupati. Menurut survei LSI, Dadang Naser yang memiliki tingkat kepuasan terhadap kinerjanya yang cukup tinggi, di atas 70 persen, tapi ternyata tak mampu dikonversi dalam bentuk suara dukungan publik kepada istrinya, Kurnia Agustina.***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *