Tak Ada Kontribusi di Tengah Morat-maritnya PAD, Bupati Bakal Evaluasi Kinerja Jajaran Direksi BUMD PT PMgS

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menyindir soal pendapatan BUMD PT Perdana Multiguna Sarana (PMgS) Bandung Barat dalam rapat paripurna jawaban bupati terhadap pandangan umum fraksi-fraksi Hotel Novena Lembang, Senin (28/9/2020).

Bupati menyebutkan, pendapatan yang didapat saat ini dari pajak bumi dan bangunan (PBB) sebesar Rp 494 juta bukan hasil pendapatan dari BUMD PT PMgS.

“Kami akan bekerjasama dengan BPKP pusat dalam rangka penyehatan kinerja BUMD agar dapat berkembang dan memberikan manfaat dan berkontribusi untuk peningkatan PAD,” kata Umbara.

Sementara itu, BUMD KBB PT PMgS berdiri sejak 2011 dengan penyertaan modal sebesar Rp 35 miliar dari Pemkab Bandung Barat. Menurut Direktur BUMD PT PMgS Denny Ismawan, dibutuhkan tambahan modal sedikitnya Rp 50 miliar dari pemerintah daerah agar perputaran bisnis BUMD terus berkembang. “Tentu tambahan modal dibutuhkan untuk pengembangan layanan lebih luas serta perputaran bisnis juga bisa jauh lebih berkembang,” kata Denny baru-baru ini.

Sementara itu, jumlah pelanggan air sampai saat ini mencapai 4.300 sambungan rumah (SR) yang bersumber dari dua mata air, mulai dari Sungai Cijanggel di Kecamatan Cisarua dan Sungai Cibanteng di Kecamatan Cikalongwetan.

“Kuota kita sebenarnya sampai 5.000 pelanggan dengan dua mata air tersebut, sehingga kami pastikan distribusi air ke pelanggan masih aman. Kami juga terus mendorong agar jumlah pelanggan bisa terus bertambah setiap tahunnya,” terangnya.

Seperti diberitakan, rencana pengajuan penyertaan modal Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), PT Perdana Multiguna Sarana (PMgS) Bandung Barat Rp 75 miliar ditolak mentah-mentah mayoritas fraksi di DPRD KBB.

“Soal anggaran kita harus hitung dulu dengan teliti. Apalagi di tengah wabah Covid-19 tentunya ada keterbatasan anggaran APBD,” ujar Ketua Fraksi Demokrat DPRD KBB, Iwan Setiawan, Selasa (4/8/2020). ***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *