Target Sertifikasi di Jabar 594.500

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil meresmian Kantor ATR/Pertanahan (BPN) Kabupaten Bandung Barat (KBB), di Jalan Raya Ciburuy, Kecamatan Padalarang, KBB, Senin (10/9/2017).

PADALARANG- Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil mengatakan, target sertifikasi untuk Jawa Barat sekitar 594.500 dari target nasional 5 juta sertifikat.

Menurutnya, jumlah tersebut terjadi peningkatan yang biasanya untuk Jawa Barat hanya sekitar 70 ribu.

“Tapi kini bisa mencapai 600.000 sertifikat/tahun,” katanya di acara peresmian Kantor ATR/Pertanahan (BPN) Kabupaten Bandung Barat (KBB), di Jalan Raya Ciburuy, Kecamatan Padalarang, KBB, Senin (10/9/2017).

Target nasional adalah 5 juta sertifikat dan saat ini realisasinya baru 1,1 juta sertifikat atau target dua juta sertifikat di APBN awal serta 3 juta lagi di APBN tambahan.

“Percepatan sertifikasi tanah rakyat ini diharapkan bisa tercapai sampai akhir tahun nanti. Sebab nantinya ketika tanah sudah tersertifikat maka bisa menjadi colateral atau jaminan ke bank sehingga bisa membantu masyarakat juga. Namun memang hal ini masih terkendala dengan keterbatasan juru ukur,” katanya.

Staf Ahli Menteri Agraria Tata Ruang Doddy Imron Cholid meminta dengan hadirnya Kantor Pertanahan di KBB diharapkan bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal sertifikasi lahan. “Pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan terlebih saat ini Kantah KBB sudah punya kantor yang refresentatif,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil didampingi Bupati Bandung Barat Abubakar, Staf Ahli Menteri Agraria Tata Ruang Doddy Imron Cholid, Kepala Kantor Pertanahan KBB Ristendi Rahim, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bandung Barat. (wie)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *