Cililin

Terharu, Veteran Asal Cililin Bertemu Jokowi

TERHARU: Amung, 70, veteran asal Desa Mukapayung Cililin, KBB tampak dipeluk Presiden Joko Widodo saat peringatan Hari Pahlawan 10 November di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Jumat (10/11/2017).

CILILIN–Bukan perkara mudah bisa bertatap muka bahkan bersalaman langsung dengan Presiden RI Joko Widodo.

Ya, Amun,70, veteran asal Desa Mukapayung RT 02 RW 13 Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak bisa menyembunyikan rasa harunya ketika bisa bertatap muka bahkan bersalaman langsung dengan orang nomor satu di republik ini.

Amung, salah seorang veteran asal KBB ini sengaja diundang dalam upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November di Taman Makam Pahlawan Kalibata. “Pendak sareng Pak Presiden nembe ieu (Bertemu dengan Pak Presiden baru sekarang,” katanya kepada wartawan web ini Budi Juliansyah, Jumat (10/11/2017).

Pertemuan itu pun tak disia-siakan oleh Amung. Dia langsung memperkenalkan diri dan berasal dari mana. “Pak Presiden bilang sukses selalu orang Mukapayung,” kata Amung menirukan perkataan dari Presiden dengan rasa haru.

Presiden juga berujar, “Semoga beliau (veteran, red) dikasih sehat dan panjang umur,” ucap Jokowi ditirukan Amung lagi.

Karuan saja, pertemuan tersebut sebuah penghargaan tertinggi bagi hidup Amung. Dia merasa dihargai sebagai veteren yang ikut memerdekaan bangsa ini. “Pertemuan ini bagi saya kebahagian tertinggi,” ucapnya.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata. Bunyi terompet menggema di TMPN menyambut kedatangan pemimpin negara.

Marching Band dan pasukan bersenjata juga terlihat sebelum Jokowi yang bertugas sebagai inspektur upacara, mengambil tempat di depan Patung Burung Garuda.

Sementara itu, Iriana Jokowi, Mufidah Kalla, dan JK berdiri di sisi kiri Jokowi berdampingan dengan para menteri dan kepala lembaga.

Upacara tahunan itu dimulai pukul 8.10 WIB, diawali penghormatan kepada para pahlawan. Suara sirene terdengar beberapa menit sebagai momen mengenang perjuangan 10 November 1945.

Jokowi kemudian memimpin hening cipta untuk mengenang para pahlawan.

Setelah itu, ia bersama dua perwira TNI Angkatan Udara kemudian mempersembahkan karangan bunga di depan Patung Garuda.

Setelah upacara, ia dan JK berziarah ke beberapa makam pahlawan. Titik pertama yang disambangi JK adalah makam Wakil Presiden ke-3 Republik Indonesia Adam Malik.

Mereka juga menabur bunga di persemayaman makam istri Presiden Republik Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie, Hasri Ainun Habibie dan suami Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas.

Makam Wakil Presiden ke-4 Republik Indonesia Umar Wirahadikusuma dan pahlawan revolusi Jenderal Ahmad Yani juga turut ditaburi bunga.

Selain itu, Jokowi dan JK berziarah ke persemayaman Wakil Presiden Republik Indonesia ke-5 Sudharmono dan istrinya, Ratu Emma Norma Sudharmono, Pahlawan Revolusi G30SPKI, dan pahlawan prajurit tamtama. (bjd)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close