Pemerintahan

Tiga Nama Calon Sekda KBB Tunggu Chemistry Bupati

RAGAM DAERAH–  Tiga nama calon sekda Bandung Barat menunggu cemistry Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menetapkan tiga nama yang lolos untuk diajukan menjadi Sekda Bandung Barat devinitif.

Ketiga calon sekda tersebut adalah Kepala Dinas Pemukiman Umum dan Tata Ruang (PUTR) KBB, Ade Zakir, Kepala Dinas Tenaga Kerja Serang Provinsi Banten, Moch. Poppy Nopriadi dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) KBB Eriska Hendrayana.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB, Agustin Piryanti menyebutkan, dari delapan peserta yang ikut seleksi terbuka calon Sekda Bandung Barat ini, sudah lolos peringkat tiga besar.

Penetapan tiga besar tersebut, berdasarkan Berita Acara Rapat Pleno Hasil Akhir Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Panitia Seleksi dengan nomor: 015/PANSEL/2023.

“Hasil akhir seleksi, Pansel sudah menetapkan tiga besar nama-nama calon, untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda Bandung Barat ini. Itu ditetapkannya pada tanggal 16 Maret 2023,” ujar Agustin, saat dihubungi, Selasa (21/3/2023).

Ia juga menuturkan, Pemkab Bandung Barat secara terbuka memberikan ruang kepada para pejabat setingkat esselon dua mengikuti seleksi terbuka tersebut.

Ke delapan nama, sekalian ketiga unggulan adalah, Kepala Bapenda KBB Dudi Prabowo, Kepala Disdukcapil KBB Hendra Trismayadi, Kepala Dispora KBB Imam Santoso, Kepala Disperindag KBB Ricky Riyadi dan Sekretaris Dewan (Sekwan) KBB Rony Rudiana.

Menurutnya, ditetapkannya ketiga besar calon sekda tersebut berdasarkan rekapitulasi penilaian Seleksi Administrasi dan Penelusuran Rekam Jejak, Uji Kompetensi Manajerial dan Sosialisasi Kultural (Tes Assessment) serta Uji Kompetensi Akademik dan Bidang (Penyusunan Makalah, Presentasi Makalah dan Wawancara).

“Tahapan selanjutnya, kita melaporkan hasil selter ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara). Kemudian, menunggu surat rekomendasi KASN untuk pelantikan,” jelasnya.

Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengungkap kriteria figur Sekretaris Daerah (Sekda) KBB yang diinginkan harus punya chemistry dengan bupati.

“Intinya sekda itu harus punya chemistry dengan bupati. Yang terpenting bisa menyusun APBD sehat,” kata Bupati Bandung Barat, Kamis (16/3/2023)

Hengki Kurniawan menyatakan, Pemda KBB membutuhkan figur Sekda karena saat ini posisinya kosong. Sebab, Sekda merupakan seorang Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan aktor perencana keuangan dan penganggaran APBD yang perannya sangat urgent. 

Selama dua tahun jadi Bupati memimpin KBB, Hengki Kurniawan selalu menginstruksikan sekda agar membuat postur APBD yang sehat. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top