Tiga Tokoh KBB Dianugrahi Jaga Lembur Award

Ketua Forum Jaga Lembur Acil Bimbo.

NGAMPRAH- Sejumlah tokoh di Jawa Barat, tiga di antaranya dari Bandung Barat didaulat berhak mendapat penghargaan Jaga Lembur Award.

Penghargaan diberikan langsung Ketua Forum Jaga Lembur, Darmawan Hardjakusumah atau lebih terkenal dengan nama Acil Bimbo. Tiga tokoh Bandung Barat tersebut adalah Pamriadi Ketua Gerakan Tani dan Nelayan (Ganti) Jabar, Agus Karyana Kepala Desa Gudangkahuripan, dan Kusnadi Binmas Desa Cililin KBB dari unsur kepolisian

Pamriadi merupakan tokoh muda yang selalu konsen dengan gerakan tani dan nelayannya, menjaga keseimbangan alam lewat program-program pro petani dan nelayan. Sedangkan Kepala Desa Gudangkahuripan Lembang, Agus Karyana, tokoh masyarakat yang selalu mengelorakan budaya leluhur dengan konsep Ngaruwat Lembur yang saban tahun digelar. Sedangkan Kusnadi Binmas Desa Cililin KBB dari unsur kepolisian yang pro aktif dalam kegiatan kebudayaan, lingkungan, dan kemanusiaan.

Kang Acil–sapaan akrabnya mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada sejumlah tokoh masyarakat, lembaga, dan pemerintah yang berprestasi dalam dedikasinya menjalankan sektor kehidupan, baik dari sisi kebudayaan, lingkungan, dan kemanusiaan dalam bentuk anugerah award.

“Jaga Lembur Award ini diberikan kepada mereka yang sudah mendedikasikan dirinya menjaga nilai-nilai budaya leluhur,” kata Acil dalam acara dialog sosial budaya yang digelar di Bandung, Selasa (2/10/2017).

Panitia Dialog Sosial Budaya, Dona Hermawan mengatakan,
kehadiran para tokoh masyarakat, lembaga dan pemerintah ini, diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada bangsa Indonesia pada umumnya. “Tertutama generasi muda untuk berkiprah secara kongkret dalam mengisi pembangunan menghadapi era globalisasi,” sebutnya.

Sementara itu, pada hari ini, verifikator Jaga Lembur Award sudah memasuki tahap akhir penilaian, dan sudah mengantongi nama-nama pemenang anugerah tersebut.

Jaga Lembur Award merupakan penghargaan yang diberikan untuk para penggiat lingkungan, budaya dan kemanusiaan. Nominator yang sudah dipastikan mendapatkan anugerah tersebut di antaranya, Pamriadi, Kusnadi, Agus Karyana dari Kabupaten Bandung Barat. Selanjutnya Dadang M Naseer, Obar Sobarna dari Kabupaten Bandung, Prof. Hendi dari Ciamis, KH Asep Zamzam Noor Pimpinan Ponpes Cipasung dari Tasikmalaya, dan masih banyak lagi yang akan menerima anugerah tersebut yang dipelopori oleh LSM Jaga Lembur yang konsen terhadap budaya, lingkungan, dan kemanusiaan. “Rencana akan diberikan penghargaan Jaga Lembur Award itu oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada Oktober ini waktu dan tempat menyusul,” kata Dona. (wie)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *