Usul Pelayanan Pemerintah Seperti Swasta

 

Wakil Ketua DPRD KBB, Samsul Ma’arif

ADA yang berbeda takala KBB menginjak usia kesebelas ini. Karena peringatan hari lahir KBB, nyaris bertepatan dengan Pemilihan Bupati/ Wakil Bupati Bandung Barat periode 2018-2023 sehingga menjadi momentum strategis bagi Bupati dan Wakil Bupati baru untuk melaksanakan amanat masyarakat.

Biasanya pada Hari Jadi KBB, dewan melaksanakan sidang paripurna istimewa. Salah satunya ada agenda pembacaan sejarah berdirinya KBB, yang di dalamnya berisikan tentang amanat masyarakat tentang pemekaran. Alhasil, dalam menjalankan roda pemerintahan Bupati/ Wakil Bupati ke depan tidak boleh bertentangan dengan cita-cita pemekaran.

Terlepas dari itu, saya sendiri punya pandangan tersendiri dengan usia kesebelas ini. Jika diibaratkan manusia, usia sebelas itu mulai beranjak masa pubertas. Layaknya masa pubertas, KBB-pun dihadapkan dengan berbagai persoalan pada masa-masa transisi tersebut. Peran Bupati/ Wakil Bupati, harus mengimbangi kondisi demikian dengan menciptakan pelayanan public yang optimal.

Jika pelayanannya tidak optimal, pada masa ini maka dikhawatirkan timbul kegaduhan. Sama halnya, dengan usia manusia jika berhasil melewati fase ini maka selanjutnya KBB akan berkembang dan maju. Karena dalam kacamata saya, asfek pelayanan di KBB saat ini masih menjadi keluhan masyarakat.

Sebagai mitra kerja Pemkab, dewan tentunya menyoroti tentang asfek pelayanan public yang masih perlu ditingkatkan. Berkaca pada pelayanan public di lembaga swasta, maka tidak ada salahnya jika pelayanan public di Pemkab Bandung Barat juga menirunya seperti di lembaga swasta. Dengan kata lain, pelayanan public di Pemkab Bandung Barat masih harus ditingkatkan lagi agar masyarakat menikmatinya. Jika memungkinkan, pelayanan di birokrasi pemerintahan “diswastakan” dengan menampilkan orang-orang yang ramah dan menyenangkan. Atau istilah kerennya reinventing government. (adv)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *