PadalarangPeristiwaRagam Terkini

Wabup Hengki Salurkan Sembako Bagi Korban Banjir Bandang Gununghalu

PADALARANG– Duka mendalam dirasakan Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan bagi korban banjir bandang di Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Banjir di Kecamatan Gununghalu, setidaknya ada 18 kepala keluarga yang terdampak atau 150 jiwa dari tiga desa.

“Tadi saya perintahkan staf untuk mengirim sembako juga 20 kasur lipat ke lokasi banjir,” ujar Hengki kepada redaksi Ragam Daerah, Jumat (27/3/2020).

Sembako yang dikirim berupa, beras, minyak, gula, mie instan juga makanan bayi. “Mudah-mudahan bantuan yang saya kirim bermanfaat bagi warga. Saya belum bisa turun meninjau dan hanya bisa mendoakan warga yang terkena musibah banjir tetap tabah di tengah wabah corona saat ini,” tandas politisi PDI Perjuangan ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir bandang menerjang beberapa wilayah di Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) akibat luapan Sungai Cidadap.

Banjir akibat curah hujan cukup tinggi terjadi sekitar pukul 18.00 pada Kamis (26/3/2020). Akibatnya, tiga desa terendam banjir yakni Desa Gununghalu, Desa Sirnajaya, dan Desa Bunijaya.

Laporan Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) KBB, volume air Sungai Cidadap baru kembali normal pukul 20.00. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa di tengah merebaknya virus corona.

Akan tetapi, hektaran sawah terendam seperti di Desa Gununghalu Kp. Sadatar, Kp.Tangsi sawah dan tanaman palawija terendam, Kp.Ciawitali jembatan bambu rusak ringan.

Selanjutnya Kp.Cibanteng sawah terendam, Kp. Leuwi Larangan sawah dan jalan lingkungan rusak 10 meter, Komplek Perkebunan Montaya 2 bedeng terendam.

Desa Sirnajaya Komplek Perkebunan 11 Bedeng, 1 mesjid terendam, Kp. Pasanggrahan3 rumah dan 1 Pesantren Al-Jihad terendam juga enam kolam ikan.

Desa Bunijaya Kp.Ciawitali 1 rumah warga teredam, Kp.Cibolang 1 rumah teredam.
Jumlah kepala keluarga terdampak 18 kepala keluarga 150 jiwa tersebar di tiga Desa Gununghalu, Sirnajaya, Bunijaya serta kerusakan alat rumah tangga di beberapa rumah yang terendam.

Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, bersama aparatur kewilayahan, desa, kecamatan, polsek, koramil, dan relawan melakukan pendataan dan kaji cepat ke lokasi bencana. “Kami mengungsikan warga terdampak ke kerabat terdekat,” kata Duddy kepada redaksi.

Sedangkan untuk pembersihan material banjir bandang, lanjut Duddy, akan dilakukan secara bergotong-royong bersama aparatur kewilayahan, masyarakat, dan relawan. “Segala bentuk perkembangan di lokasi bencana akan dilaporkan kembali sesuai perkembangan di lapangan karena terkendala cuaca dan minim pencahayaan,” tuturnya.

Sementara, kebutuhan mendesak evakuasi korban banjir berupa pembersihan material banjir bandang, perbaikan jembatan bambu, perbaikan jalan lingkungan, alat kebersihan keluarga dan paket sembako untuk warga terdampak. (wie)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close