Padalarang

Warga Padalarang Ciptakan Mesin Pemisah Biji Cabai dan Perjang Umbi-umbian

KBB R.A.D.A.R- Pos pelayanan teknologi tepat guna (Pos yantek) Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) berhasil memanfaatkan teknologi tepat guna membuat mesin pemisah biji cabai dan mesin perajang umbi-umbian.

Kreativitasnya itu, berhasil menyabet juara 2 pada pameran gelar teknologi tepat guna tingkat Jawa Barat pada 2014 lalu.

Selain itu, mewakil Jawa Barat pada event gelar teknologi tepat guna tingkat nasional di Samarinda Kalimantan Timur.

Sedangkan Pos yantek Cipatat, berinovasi dengan membuat alternatif energi listrik sederhana baru dari limbah air kelapa.

Inovasi itu, Pos Yantek Cipatat menjadi juara harapan 1 pada gelar teknologi tepat guna tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan di Kota Cimahi.

Prestasi itu juga, pemerintah pusat, Jawa Barat memberikan bantuan berupa hibah untuk oprasional pos yantek. “Dengan harapan dapat meningkatkan kinerja pos yantek dalam melaksanakan kegiatannya,” ujar Bupati Bandung Barat, Abubakar, Kamis (31/8/2017).

Abubakar mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, pada tahun 2016, telah merealisasikan bantuan hibah kepada 4 pos yantek yang sempat tertunda dari tahun 2014. “Di dalamnya terdapat peruntukan oprasional dan modal bergulir pembuatan dan pengembangan alat bagi kelompok UMKM binaan pos yantek yang telah berjan,” tandas orang nomor satu di KBB ini.

Selanjutnya, hasil rapat koordinasi dengan Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa, Jawa Barat, gelar teknologi tepat guna tingkat Nasional akan dilaksanakan di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah pada September 2017.

“Semoga Kabupaten Bandung Barat bisa sukses dan menorehkan prestasi di gelar teknologi tepat guna tingkat nasional,” kata Kepala Dinas Pemerdayaan dan Masyarakat Desa KBB, Wandiana.(wie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close