Wow.!! Pendapatan Daerah Kab. Bandung Lampaui Terget Rp 205 Miliar Walau Diserang Corona

SOREANG– Meskipun di serang corona, pendapatan daerah Kabupaten Bandung melampaui capaian tahun sebelumnya. Pendapatan daerah per tanggal 30 Juni 2019 mencapai sekitar Rp 205 miliar. Sedangkan per tanggal yang sama tahun 2020 mencapai sekitar Rp 226 miliar, atau terdapat kenaikan sekitar Rp 21 miliar atau 10%.

“Sementara LPE (Laju Pertumbuhan Ekonomi) Kabupaten Bandung pada tahun 2019 mencapai 6,10 persen lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional dan provinsi,” ujar Bupati Bandung, Dadang Naser di sela-sela Peresmian Gedung Baru Bank Bri Cabang Soreang, Senin (24/8/2020).

Sedangkan untuk PMA (Penanaman Modal Asing) dan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) mencapai Rp 23,337 triliun, naik 23.48 % atau melebihi target kenaikan investasi yang telah ditetapkan yaitu sebesar 10 %,”.

Bupati pun meminta perbankan untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat. “Banyak sekali pelaku usaha yang terdampak, bahkan terpaksa gulung tikar. Untuk itu, saya berharap dunia perbankan dapat membantu pemerintah daerah dalam membangkitkan kembali eksistensi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kabupaten Bandung,” ungkap bupati.

Pada kesempatan itu, Dadang juga mengimbau perbankan untuk melakukan pendampingan kepada UMKM yang melakukan pinjaman.

“Kami sangat berharap perbankan memiliki tenaga ahli yang profesional. Jadi tidak hanya meminjamkan uang ke UMKM. Perbankan juga harus melakukan pendampingan sampai tingkat teknis, bahkan hingga bersaing di tingkat internasional,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama Pimpinan Wilayah Bri Bandung Agus Suprihanto mengungkapkan, Kabupaten Bandung memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Dengan adanya kantor baru tersebut, Agus berharap Bri dapat ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung.

“Selama enam bulan terakhir sejak adanya wabah ini, banyak UMKM yang terganggu perekonomiannya. Untuk itu, kami memiliki program pemulihan ekonomi nasional. Kami berharap, keberadaan kami dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kembali pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ungkap Agus. ***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *