Yayat T Soemitra Naik Jadi Plt Bupati KBB

Wakil Bupati KBB Yayat T Soemitra

NGAMPRAH- Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T. Soemitra telah mendapat restu dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) Achmad Heryawan untuk menggantikan kekosongan jabatan Bupati Bandung Barat. Seperti diketahui Bupati Bandung Barat Abubakar, telah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus operasi tangkap tangan (OTT) enam pejabat Pemkab Bandung Barat, 10 April 2018.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) KBB Hendra Trismayadi membenarkan jika Gubernur Jabar telah melayangkan surat terkait mengisi kekosongan jabatan bupati tersebut. “Iya, kami menerima surat itu kemarin (Kamis, 12/4/18) dari Bapak Gubernur. Dan malamnya kita langsung sampaikan lagi ke Pak Wabup,” terangnya, Jum’at (13/4/18) di Ngamprah.

Dalam surat bernomor 131/77/Pemksm, secara garis besar Gubernur memberikan penegasan tentang pergantian jabatan Kepala Daerah tersebut mengacu pada Undang-undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Terutama pada pasal 65 ayat 3 yang menyatakan bahwa Kepala Daerah yang sedang menjalani masa tahanan, maka tugas dan wewenangnya dijalankan wakilnya.

Kemudian lanjut Hendra, pada ayat 4 bahwa Kepala Daerah yang sedang menjalani tahanan, pelaksanaan tugas dan wewenangnya dijalankan oleh Wakil Kepala Daerah. Penegasan ketentuan itupun diperkuat lagi pada Pasal 66 ayat 1 huruf (c) bahwa Wakil Kepala Daerah mempunyai tugas dan wewenang Kepala Daerah, apabila Kepala Daerah menjalani masa tahanan atau berhalangan sementara.

Berdasarkan surat dari gubernur itu bahwa secara otomatis Yayat T Soemitra menjalankan tugas dan wewenang Pemkab Bandung Barat. “Landasan itulah yang dijadikan acuan Pak Gubernur mengeluarkan surat sore kemarin,” tegas Hendra.

Terpisah, Yayat T Soemitra mengatakan jika pihaknya siap menjalankan roda pemerintahan selama tiga bulan ini. Iapun meminta pada masyarakat tetap tenang menyikapi semua yang melanda KBB saat ini. “Tidak perlu khawatir dengan apa yang terjadi. Saya Insya Allah akan berupaya memberikan yang terbaik di sisa masa jabatan kita. Bahkan saya siap memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat,” tuturnya.

Ia pun berharap bantuan semua pihak untuk mengembalikan kondisi ke arah semula. Jika sebelumnya ada yang salah, justru bisa dijadikan bahan koreksi. “Marilah kita berdo’a untuk kebaikan semua masyarakat Bandung Barat,” pungkasnya. (wie)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *