Laporan Hadi Wibowo

KBB R.A.D.A R- Aef, 25, warga Kampung Cibuntu RT 01/09 Desa Cileme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat tinggal di rumah sangat sederhana.

Rumahnya berukuran 3×6 meter ini terbuat dari batako yang belum di semen. Penyangga kayu rumahnya sudah banyak yang keropos.

Tinggal di rumah itu, tanpa MCK yang memadai, Aef tinggal bersama kedua anaknya Efi, 17, dan Opa, 13,.

Maklum keseharaian Aef hanya buruh serabutan. Uang yang didapatnya Rp 30 ribu sehari hanya cukup untuk makan. Tak heran kedua anaknya pun harus putus sekolah. “Sudah delapan tahun saya tinggal di sini,” kata Aef.

Di rumah tidak layak huni itu, tiap kali hujan pasti bocor. Kerap rumahnya pun harus kebanjiran. “Ya kemana lagi kalo keluh kesah ke ua nya,” kata Apin 65.

Hanya satu harapan keluarga Aef yakni mempunya tempat tinggal yang layak. “Sudah beberapa kali ditinjau tapi hanya di foto-foto saja,” sebut Apin.

Kondisi rumah Aef itu mendapat keprihatinan dari bakal calon bupati KBB dari PDI Perjuangan, Pamriadi.

“Saya merasa kaget saat safari kebangsaan yang ke 5 ini mendapat informasi dari Ketua PAC Ngamprah bahwa ada masyarakat kondisi rumahnya sangat memprihatinkan di tengah-tengah ibu kota di KBB,” kata Ketua Gerakan Tani dan Nelayan Indonesia Jabar ini.

Pam mengatakan, dirinya bersama timnya juga PAC dan ranting Ngamprah PDIP langsung membangun MCK yang tidak layak pakai tersebut. “Untuk rehan rumah saya akan berkomunikasi dengan dinas terkait dan Pak Sumarna sebagai dewan dari PDIP juga akan membantu untuk pengeboran airnya,” kata Pamriadi

Program bedah MCK yang dilakukan Pamriadi tidak hanya di Ngamprah, tiap safari kebangsaannya, Pamriadi pasti membantu masyarakat dengan bedah MCKnya. “Kamarin saya juga membangu MCK untuk masyarakat Cipongkor dan Sindangkerta, jadi memang masalah ini perlu perhatian khusus,” tuturnya.

Safari kebangsaan, balon bupati dari PDI Perjuangan, Pamriadi merupakan yang kelima. Safari kali ini, Pamriadi didampingi Sekretaris DPC PDIP, Tuti Turimayanti juga Ketua PAC PDIP Kecamatan Ngamprah, Sumarna juga pengurus ranting dan PAC PDIP KBB. (bwo)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *